TIGA TEORI
KEKUASAAN NEGARA
u
TEORI TEOKRASI
u
TEORI KEKUATAN
u
TEORI PERJANJIAN
u
TEORI ETIKA
u
TEORI ABSOLUT
u
TEORI PSIKOLOGI
TEORI
TEOKRASI
n
Teori ini
beranggapan bahwa tindakan penguasa/negara selalu benar, sebab negara itu hasil
ciptaan Tuhan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
n
Secara
langsungà penguasa itu berkuasa krn
menerima wahyu dari Tuhan.
n
Secara tidak
langsungà penguasa berkuasa krn kodrat
Tuhan.
Teokrasi Langsung
n
Yang
berkuasa di dlm negara adalah Tuhan secara langsung.
n
Adanya
negara atas kehendak Tuhan dan yg memerintah adalah Tuhan.
n
Sebelum PD
II, rakyat Jepang mengakui rajanya sebagai anak Tuhan.
n
Di Tibet,
ada Pancen Lama dan Dalai Lama yg menamakan dirinya sbg Tuhan yg memperebutkan
mahkota kerajaan Tibet.
n
Di Mesir
Kuno, Firaun mengklaim dirinya sebagai Tuhan.
Teokrasi
Tidak Langsung
•
Dikatakan
tidak langsung krn bukan Tuhan sendiri yg memerintah melainkan raja atas nama
atau pemberian Tuhan.
•
Raja
dipandang sbg simbol yg diberikan tugas suci (mission sacred) sbg
perintah Tuhan.
AGUSTINUS “DE
CIVITAS DEI ”
n
Ada dua
macam kehidupan yg berasal dari anak Adam (Abel/Habil dan Kain/Kabil)
n
Civitas Dei à Negara ciptaan Tuhan. Negara yg
tunduk pd hukum-hukum dan kepemimpinan gereja.
n
Civitas
Terrana/Diaboli à Negara duniawi atau buatan
setan. Negara yg tidak mengikuti hukum-hukum gereja.
THOMAS
AQUINAS
n
Tidak ada
negara buatan setan. Semua negara merupakan perwujudan kehendak Tuhan.
n
Negara lahir
dari pergaulan antarmanusia yg ditentukan oleh hukum dan tata alam. Shg, ada
negara “Civitas Dei” dan “Civitas Terrana”.
n
Sebaik-baiknya
negara adalah yg tunduk pada hukum-hukum gereja (Civitas Dei).
Tokoh Teori
Teokrasi lainnya
n
FRIEDRICH
JULIUS STAHL:
Negara lahir karena takdir Ilahi, termasuk kekuasaan yg dimiliki
negara juga karena kehendak dan kekuasaan Tuhan.
n
FRIEDRICH
HEGEL:
“The march of God in the world”
à prilaku Tuhan di dunia.
TEORI
KEKUATAN
¢
Kekuasaan
negara lahir dari mereka yg memiliki kekuatan, baik secara fisik, materi,
maupun politik.
¢
Kekuatan
fisik à orang yg kuat dan berani.
¢
Kekuatan
materi/ekonomi à orang yg memiliki harta atau
orang kaya.
¢
Kekuatan
politik à orang yg berpengaruh, baik kepandaian
maupun karena keturunan bangsawan
Teori
Kekuatan Fisik
•
THOMAS
HOBBES
•
NICCOLO
MACHIAVELLI
•
LEON DUGUIT
•
FRANZ
OPPENHEIMER
THOMAS
HOBBES “Leviathan”
Ø
Dua macam
status manusia: “status naturalis” yaitu status manusia sebelum ada negara, dan
“status civilis” yaitu status manusia setelah ada negara sbg warga negara
Ø
Status
naturalis à manusia sbg srigala terhadap
manusia yg lain(homo homini lupus); perang semua melawan semua (bellum
omnium contra omnes).
Ø
Raja adalah
orang yg kuat fisiknya, yg melebihi kekuatan warga lainnya agar dpt mengatasi
segala kekacauan yg timbul dlm masyarakat.
NICCOLO
MACHIAVELLI “Il
Principle ”
n
Raja harus
kuat dan tahu cara mengatasi segala kekacauan yg dihadapi negara. Ia dpt
mempergunakan segala alat yg menguntungkan baginya. Jika perlu, alat yg
digunakan boleh melanggar perikemanusiaan.
n
Demi
mencapai tujuan (keutuhan negara) segala cara dapat digunakan. à “Tujuan menghalalkan cara”.
Tokoh-Tokoh
Penganut Teori Kekuatan
n
LEON DUGUIT:
Mereka yg paling kuat (lesplus forts) yg dpt memaksakan
kehendaknya kpd pihak lain, baik karena faktor fisik, intelegensia, ekonomi,
maupun agama.
n
FRANZ
OPPENHEIMER:
Negara merupakan susunan masyarakat yg oleh golongan yg menang dipaksakan
kpd golongan yg ditaklukkan dgn maksud utk mengatur kekuasaan golongan yg satu
atas golongan yg lain dan melindungi terhadap ancaman pihak lain.
Teori Kekuatan Ekonomi
KARL MARX:
Negara merupakan alat kekuasaan bagi segolongan manusia dlm masyarakat
utk menindas golongan lainnya guna mencapai tujuan.
Dalam negara, masyarakat terbagi
dlm dua kelas yg saling bertentangan, yaitu kaum yg ekonominya kuat dan kaum
ekonomi lemah.
Pertentangan antara kedua kelas
itu, tidak lain untuk merebut kekuasaan dlm negara, sebab negara adalah alat
kekuasaan.
Teori Kekuatan Politik
n
Patriarchaal
à yg memerintah dlm negara adalah
orang yg kuat dlm arti berpengaruh krn berjasa dan bijaksana dlm sikap bagi
semua warganya. Jika raja meninggal maka raja yg menggantikan akan mewarisi
semua kekuasaan yg ada pada raja sebelumnya.
n
Patrimonial à “patrimonium” atau
kepemilikan.
TEORI PERJANJIAN
n
THOMAS
HOBBES
n
JOHN LOCKE
n
JEAN JACQUES
ROUSSEAU
THOMAS
HOBBES
¡
Manusia
selalu hidup dalam ketakutan.
¡
Untuk
melindungi masyarakat, maka diadakan perjanjian untuk membentuk
kolektivitas/kelompok antara rakyat dgn rakyat itu sendiri (pactum uniones).
Kemudian perjanjian penyerahan kedaulatan antara wakil rakyat dgn raja (pactum
subjectiones).
¡
Akibat
adanya pactum subjectiones maka raja berkuasa mutlak. Sehingga negara yg
dihasilkan dari konstruksi ini disebut “Monarchie Absolut”.
JOHN LOCKE
o
Perjanjian
antara wakil rakyat dgn raja bukanlah perjanjian penyerahan kedaulatan, tetapi
raja berjanji untuk melindungi hak-hak asasi rakyat.
o
Pactum
uniones dan pactum
subjectiones sama kuatnya.
o
Raja terikat
oleh perjanjian tsb. Kekuasaan raja terbatas pada ruang lingkup perjanjian yg
dibuat, shg apabila raja bertindak sewenang-wenang maka rakyat dpt meminta
pertanggungjawabannya.
o
Negara yg
lahir dari konstruksi ini disebut “Monarchie Constitutional”.
J.J. ROUSSEAU
l
Tidak ada
perjanjian penyerahan kedaulatan kepada raja.
l
Kedaulatan
tetap berada di tangan rakyat sbg kemauan umum (volonte generale)
l
Raja atau
pemerintah (volonte de corps) merupakan mandataris rakyat. Ia harus
melaksanakan amanat rakyat.
l
Negara yg
lahir dari konstruksi ini disebut “Negara Demokrasi”.
TEORI ETIKA
n
PLATO &
ARISTOTELES à manusia tidak memiliki arti dlm
hidupnya apabila tidak bernegara. Negara merupakan hal mutlak, maka segala
tindakan negara dpt dibenarkan.
n
IMMANUEL
KANT à tanpa negara manusia tidak dpt
tunduk pd hukum-hukum yg ada, krn negaralah yg menegakkan hukum itu.
n
CHRISTIAN
WOLFT à keharusan utk membentuk negara
merupakan keharusan moral yg tertinggi.
TEORI
ABSOLUT
n
FRIEDRICH
HEGEL:
Manusia mutlak hidup dlm suatu negara karena manusia bertujuan utk
kembali kpd cita-cita yg absolut yaitu negara.Tindakan negara dibenarkan krn
negara yg dicita-citakan oleh manusia.
TEORI PSIKOLOGI
n
Alasan
pembenaran kekuasaan negara adalah berdasarkan pd unsur psikologi manusia,
misalnya krn rasa takut, rasa kasih sayang, dll.
n
Jadi, orang
membentuk negara krn secara psikologis memang dibutuhkan untuk memberi rasa
aman, tentram, dll.
0 Response to "TEORI PEMBENARAN KEKUASAAN NEGARA"
Post a Comment